Minggu, 18 Maret 2012

Komputer Generasi Pertama (ENIAC)


KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan khususnya bagi penulis tentang “Komputer Generasi Pertama (ENIAC)”.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
·   Ibu Dwi Puspita Anggraeni, S.T., M.T. selaku dosen pada mata kuliah Komputer dan Masyarakat yang telah mencurahkan ilmunya kepada kami,
·         Rekan - rekan mahasiswa dan semua pihak yang telah membantu  terselesaikannya papper ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun kami harapkan demi kesempurnaan papper ini.
Kami berharap papper ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

                                                                                        Bandung, Maret  2012

 
                                                                                                  Penyusun

ABSTRAK
            Di era teknologi informasi dan komunikasi yang pesat sekarang ini, komputer termasuk salah satu peranti "wajib" yang tak dapat diabaikan. Kini peranti yang pada dasarnya hanya untuk membantu proses berhitung (to compute) ini telah sangat ampuh dan multiguna. Merampungkan pekerjaan kantor, menikmati musik dan film, hingga ngegame dapat dilakukan menggunakan alat ini. Begitu pula menjelajah internet dan bertukar data antar pengguna yang terpisah jarak ribuan kilometer.
            Kemampuan komputer yang beragam ini mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya, termasuk oleh sang empu yang membuatnya kali pertama. Adalah John Vincent Atanasoff, pionir teknologi komputer digital yang hampir dilupakan orang. Kepeloporan fisikawan Amerika Serikat ini pada teknologi komputer digital telah tertutup oleh gegap gempitanya komputer raksasa ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) di era Perang Dunia II.

BAB I
Pendahuluan
1.1             Latar Belakang

          Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik, begitu juga dengan penemuan teknologi komputer. Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut. Terutama di  era teknologi informasi dan komunikasi yang pesat sekarang ini, komputer termasuk salah satu peranti "wajib" yang tak dapat diabaikan. Kini peranti yang pada dasarnya hanya untuk membantu proses berhitung (to compute) ini telah sangat ampuh dan multiguna. Merampungkan pekerjaan kantor, menikmati musik dan film, hingga main game  dapat dilakukan dengan  menggunakan komputer. Begitu pula menjelajah internet dan bertukar data antar pengguna yang terpisah jarak ribuan kilometer.  Kemampuan komputer yang beragam ini mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya.
            Secara tidak langsung komputer yang kita jumpai sekarang ini telah mengalami banyak perubahan dari komputer sebelumnya yang pernah ada. Sejarah komputer mengalami perkembangan dari masa ke masa, sehingga kita dapat membagi perkembangan teknologi komputer dalam beberapa generasi, yaitu :
·         Komputer Generasi Pertama (1940 – 1959)
·         Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
·         Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
·         Komputer Generasi keempat (1970 – 1990)
·         Komputer Generasi kelima (sejak 1990 an)


1.2             Batasan Masalah

Adapun batasan masalah dari topik yang kami ambil adalah sebagai berikut :
1.      Sejarah perkembangan komputer generasi pertama
2.      Contoh komputer generasi pertama (ENIAC) beserta cara kerja dari komputer tersebut

1.3             Tujuan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah :
1.      Agar mahasiswa/i mengetahui sejarah perkembangan generasi komputer dari masa ke masa
2.      Agar mahasiswa/i mengetahui contoh dan cara kerja dari komputer generasi pertama ini.


BAB II
Pembahasan
2.1       Definisi Komputer

            Dari segi bahasa, komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Menurut istilah, ada beberapa buku yang mencoba memberikan definisi komputer, diantaranya :

·         Menurut Robert H. Blissmer (dalam buku Computer Annual) komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi
·         Menurut Hamacher (dalam buku Computer Organization), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima  informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan  program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
·         Sedangan Fuori (dalam buku Introduction to The Computer)  berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.


2.2       Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

          Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.
            Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
            Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
            Komputer generasi pertama lazimnya digunakan khususnya untuk tujuan saintifik. Oleh kerana ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemprosesan data dan harganya yang tinggi, ramai yang menganggap bahawa komputer akan kekal sebagai suatu alat yang digunakan untuk tujuan yang saintifik saja, bukan untuk kegunaan umum.
            Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Sehingga Ciri-ciri komputer generasi pertama dapat dikarakteristikan sebagai berikut :
·         Komponen yang digunakan adalah tabung hampa (vacuum tube)
·         Program hanya dapat dibuat dalam bahasa mesin
·         Menggunakan simpanan luar magnetic tape & magnetic disk
·         Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
·         Cepat panas, sehingga diperlukan pendingin
·         Prosesnya kurang cepat dan simpanannya kecil
·         Membutuhkan daya listrik yang besar

Yang termasuk komputer generasi pertama antara lain :
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)
  • UNIVAC II (pabrik pembuatnya Sperry Rand – Univac)
  • Datamatic 1000 (pabrik pembuatnya Honeywell)
  • Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (pabrik pembuatnya International Business Machine)
  • CRC, NCR 102A, NCR 102D (pabrik pembuatnya National Cash Register)
  • BIZMAC I, BIZMAC II (pabrik pembuatnya RCA
2.3            ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
2.3.1 Pengenalan ENIAC

                         ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.
               Ia didahului oleh Z3 karya Konrad Zuse, yang dapat diprogram dengan kaset secara penuh namun masih mekanikal dan oleh komputer Colossus buatan Inggris yang meski elektronik sepenuhnya namun bukan untuk tujuan umum. Keperluan untuk mengatur ulang kabel ENIAC dihapuskan pada 1948.
               ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjata. Ide tentang ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania. Komputer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 sebagai Proyek PX dan dibangun di Moore School of Electrical Engineering sejak pertengahan 1944, dan dioperasikan secara resmi sejak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000. Ia kemudian dimatikan pada 9 November 1946 untuk diperbaharui dan ditingkatkan memorinya. ENIAC diperlihatkan kepada umum pada 14 Februari 1946 di Universitas Pennsylvania dan dipindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland pada 1947. Pada 29 Juli tahun yang sama, ENIAC dinyalakan dan akan terus beroperasi hingga pukul 23:45 pada 2 Oktober 1955.
               ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukurannya yang besar. Ia memiliki 17.468 tabung vakum, 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m² dan mengkonsumsi energi sebesar 160 kW.
               ENIAC pada masa itu selain digunakan untuk keperluan balistik, ENIAC juga dipergunakan untuk ramalan cuaca, kalkulasi energi atom, studi sinar kosmis, studi bilangan acak, perancangan terowongan angin dan keperluan studi ilmiah lainnya.
               ENIAC dapat melakukan operasi penambahan dalam 200 milidetik, perkalian dalam 3 milidetik, dan pembagian dalam 30 milidetik. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana atau bahkan primitif oleh karena ukurannya yang luar biasa besar, namun ENIAC telah tercatat dalam sejarah dunia sebagai Komputer Elektronik Digital Pertama yang ada di dunia.
               Namun ENIAC sebenarnya bukanlah komputer yang canggih di eranya. Tidak seperti Z3 buatan Konrad Zuse, dan MARK buatan Howard Aiken, ENIAC harus diatur ulang kabelnya untuk menjalankan program baru (Z3 dan MARKI menjalankan programnya dari kaset). Lebih lanjut lagi, tidak seperti Z3 dan komputer modern lainya, ENIAC melakukan penghitungan dalam desimal daripada biner.

2.3.2   Cara Kerja ENIAC
                        ENIAC menggunakan sebuah penghitung berbentuk cincin yang mempunyai sepuluh posisi. Perhitungan dilakukan dengan "menghitung" pulsa dengan penghitung cincin dan membuat pulsa pembawa baru apabila counternya sudah beputar kembali ke posisi semula; ide dasarnya adalah untuk meniru roda digit dalam mesin penghitung mekanis.
                        ENIAC mempunyai dua puluh slot akumulator yang masing-masing nya sepuluh digit dan setiap detiknya dapat melakukan 5000 proses penambahan dan pengurangan sederhana di antara keduapuluh angka-angka tersebut. Empat slot akumulator digunakan dengan sebuah unit"pengali" dan setiap detiknya dapat dilakukan 385 proses perkalian. 5 slot akumulator yang dikendalikan dengan unit "pembagi pengakar pangkat dua" setiap detiknya dapat menjalankan 40 operasi pembagian dan 3 operasi pengakar-dua-an. Sembilan unit lainnya adalah "Unit Pemulai" (memulai dan memberhentikan mesin), "Cycling Unit" (mensinkronkan unit unit yang lain), master programer (mengendalikan sekuens loop), unit pembaca (dikendalikan dengan pembaca punch card IBM), constant transmitter, dan tiga tabel fungsi.
                        ENIAC menggunakan tabung radio berbasis oktal yang sering digunakan pada masanya, akumulator decimalnya di buat dati flip-flop 6SN7, sedangkan 6L7, 6SJ7, 6SA7 dan 6AC7 digunakan untuk fungsi logika. Sejumlah banyak 6L6 dan 6V6 digunakan sebagai ‘’line driver’’ untuk mengendalikan pulsa diantara kabel diantara rak pengatur.
                
2.3.3 Gagal tabung pada ENIAC dan Masa-masa Akhir ENIAC
Beberapa ahli elektronik memperkirakan bahwa gagal-tabung akan sangat sering terjadi sehingga ENIAC takkan pernah berguna. Perkiraan ini ternyata hanya setengah benar: beberapa tabung memang terbakar hampir setiap harinya sehingga ENIAC tidak berfungsi sekitar setengah hari. Karena tabung-tabung khusus dengan reliabilitas-tinggi tidak tersedia hingga tahun 1948, Eckert dan Mauchly harus menggunakan tabung jenis biasa. Namun kebanyakan daripada kegagalan tersebut ternyata terjadi pada saat pemanasan dan pendinginan, saat pemanas-pemanas tabung dan katoda berada di bawah tekanan pansa yang terbesar.
Hal ini berhasil dikurangi setelah para insinyur ENIAC memutuskan untuk tidak mematikan ENIAC sama sekali: kegagalan dikurangi menjadi satu tabung setiap dua hari. Pada 1954, masa pengoperasian terlama tanpa kegagalan adalah 116 jam (hampir  lima hari). Jika kita melihat ketersediaan teknologi pada masa itu, angka kegagalan ini bisa dibilang sangat rendah, dan membuktikan konstruksi ENIAC yang sangat baik dan tepat.

Masa-masa akhir ENIAC

Eckert dan Mauchly menggunakan pengalaman yang mereka peroleh dan mendirikan
Eckert-Mauchly Computer Corporation, yang memproduksi komputer pertama
mereka, BINAC pada 1949 sebelum akhirnya diambil alih Remington Rand pada 1950 dan dinamakan ulang sebagai divisi Univac mereka. ENIAC beroperasi hingga 2 Oktober 1955. Desainnya tidak akan pernah diulang lagi dan akibatnya
kekurangannya tidak pernah diperbaiki, khususnya ketidak mampuannya menyimpan
program. Namun ide-ide ynag berasal dari karya tersebut dan pengaruhnya pada
orang-orang seperti John von Neumann sangat besar dalam pengembangan komputer-komputer generasi selanjutnya, awalnya EDVAC, EDSAC dan SEAC. Sejumlah perbaikan juga dilakukan kepada ENIAC sejak 1948, termasuk mekanisme pemrogram tersimpan read-only [1] yang menggunakan Tabel Fungsi sebagai ROM program, sebuah ide yang ditawarkan John von Neumann. Perubahan ini mengurangi kecepatan ENIAC dengan faktor hingga 6 kali, namun juga mengurangi masa pemrograman hingga tinggal berjam-jam (dari sebelumnya yang mencapai berhari-hari), sehingga kekurangan kecepatan tersebut dianggap pantas.

2.3.4 Kekurangan dan Kelebihan ENIAC

 Howar H Aiken (1939-1944)

Profile :
  • Lahir : Maret 08 1900 Hoboken, New Jersey)
  • Wafat : March 14, 1973 (aged 73 )
  • Kebangsaan: Amerika

BIOGRAFIS
  • Aiken adalah orang yang mencetuskan ide untuk dibuat sebuah mesin penghitungyang dapat membantu penelitian yang kemudian mesin ini diberi nama Mark I,Aiken berkuliah di University of Wisconsin, Madison. Pada tahun 1939memperoleh gelar Doktor nya dari Harvard University dan menjadi guru besar di universitas tersebut.

PENEMUAN
komputer digital atau mesin penghitung elektronik.dan pada tahun 1944 jadilah komputer yang diberi nama Harvard Mark I
Kelebihan dan kelemahannya
·        Kelebihan: Dapat menghitung dengan cepat dan cermat tentang penjumlahan, pengurangan dan perkalian
·        Kelemahan :
1.     Terletak pada bobot dan ukuran. Tinggi 2,4 meter, panjang 15,3 meter, berat 35ton, membutuhkan kabel sepanjang 800 kilometer, dan 3 juta buah sambungan
2.     Pengoperasiannya rumit.

Sistem Kerja
Perintah dan pertanyaan disampaikan melalui pita kertas yang berlubang-lubang.Komputer akan menjawab pertanyaan itu dengan kertas berlubang juga atau langsungdengan kertas yang telah diketik dengan mesin tik listrik.
Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr
Profile Dr.John.W.M
  • Lahir : Agustus 30, 1907
  • Wafat : January 8, 1980
  • Kebangsaan : American physicist

BIOGRAFIS
                Dr. John W. Mauchly pernah mengenyam bangku kuliah di UniversitasWisconsin dan menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Universitas Harvardtahun 1939. Ia pernah bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat di bagian artileri (persenjataan)
            Penemuan Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. Penemuan :
  • 1943 - 1946 : ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).
  • 1944 - 1952 : EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yaitu pengembangan dari ENIAC yang tidak memiliki internal memory - menjadi komputer yang mempunyai memori pertamakali
  • 1948 : UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer I) pengembangan dari EDVAC Yang berdasarkan Desain dari EDVAC.

Kekurangan dan kelebihan penemuannya
Kelebihan ENIAC  :
·        Lebih canggih dari penemuan Howard H Aiken. Penemuan J.Presper Eckert Jr. Dapat melakukan perkalian, pembagian dan pengurangan juga dapat melakukan proses sederhana.
·        EDVAC sudah mempunyai sebuah memori untuk menampung program maupundata, teknik ini memungkinkan komputer bisa berhenti sejenak dan melanjutkan pekerjaannya kembali, atau intinya sudah mempunyai central pemprosesan (CPU)
·        UNIVAC atau komputer pertama Merupakan perkembagan dari EDVAC sehingga pengoperasiannya mudahdigunakan karena sudah dikoordinasikan melalui sumber tunggal.

Sistem Kerjanya
·         ENIAC menggunakan sebuah penghitung berbentuk cincin yang mempunyai sepuluh posisi. Perhitungan dilakukan dengan "menghitung " pulsa dengan penghitungcincin dan membuat pulsa pembawa baru apabila counternya sudah beputar kembali ke posisi semula.
·         EDVAC menggunakan sistem bilangan biner berbeda dengan ENIAC yang menggunakan desimal.
·         UNIVAC 1 Cara kerjanya sama dengan EDVAC yaitu menggunakan sistem biner untuk melakukan perintah pada komputer.

TEd Hoff (1971-1976)
Profile Ted Hoff 
  • Lahir                : 28 Oktober 1973
  • Wafat              : -
  • Kebangsaan     : New York 
BIOGRAFI
            Ted hoff seorang insinyur intel dia orang pertama yang meraih posisi Intel Fellow, posisi paling elit dalam bidang teknis di perusahaandan intel ia pernahmenjadi mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford pada 1960.
            Penemuan Single Chip micro Processor yang mampu untuk meletakkan semua bagian yang mampu membuat komputer bisa berpikir.
 
System kerja micro processor
Prosesor Sistem Bus Tunggal
            Prosesor sistem bus tunggal maksudnya adalah saluran perpindahan data antar bagiandi dalam prosesor melalui satu sistem bus saja.
Prinsip Kerja Prosesor Sistem Bus Tunggal Secara Umum.
Bagian yang paling utama di dalam sebuah prosesor adalah ALU (Aritmatic and LogicUnit), yaitu sebuah blok rangkaian digital yang mampu melakukan operasi aritmatika dan operasi logika.

Kelebihannya
          Mampu untuk meletakkan semua bagian yang membuat komputer bisa "berpikir" (misalnya central processing unit, memory, input dan output control) ke dalam satu chip yang berukuran kecil.

Kelemahannya
            Sensitif terhadap benda disekitarnya contoh debu karena debu akan menghambat kinerja atau mengganggu ribuan transistor yang ada di processor bahkan processor bisa rusak.

BAB  III
Penutup

3.1 Kesimpulan
Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri. ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980).

DAFTAR PUSTAKA

  • H. H. Goldstine, A. Goldstine, The Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), 1946
  • John W. Mauchly, The ENIAC (di A History of Computing in the Twentieth Century, hal. 541-550).
  • Wikipedia, Computer ENIAC
  • PTI, Profile, biografis, cara system kerja dan kekurangan kelebihannya, penemu – penemu mesin computer pertama kali.  (scribd.com/boy_lagie/d/39788333-PTI).

0 komentar:

Poskan Komentar